Warga Kesulitan Air Bersih Disebabkan Rusaknya Saluran PUDAM Imbas Pelebaran Jalan

Sebagian warga banyuwangi kesulitan air akibat pecahnya beberapa pipa PUDAM. Cukup banyak pelanggan yang merasakan imbas dari pecahnya pipa tersebut. Diperkirakan ada sekitar 500 pelanggan lebih yang terkena dampak langsung, ungkap salah satu petugas teknisi PUDAM.

Setelah ditelusuri, penyebab rusaknya pipa PUDAM diakibatkan terkena garuk backhole yang dioperasikan pada proyek pelebaran jalan Banjarsari ke arah Kalibendo. Operator backhole tak sadar kalua kerokan yang dilakukan mengakibatkan pecahnya beberapa pipa air milik PUDAM Banyuwangi dan HIPAM Banjarsari Pecah.

Dalam dua hari terjadi kerusakan dua kali, titik pertama berada di jarak 2 meter dari patung barong. Sedangkan titik kedua tak jauh dari titik pertama, sekitar 10 meter jaraknya dan yang ke tiga jaraknya kurang lebih 50 meter dari titik pertama. Jaringan pipa yang pecah sudah langsung coba dibenahi oleh PUDAM.

Proses perbaikan membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus mematikan air dari sumbernya sebelum dilanjutkan dengan perbaikan. Setelah ain benar-benar mati barulah petugas melakukan penggalian di bawah pipa agar penggantian dan pemasangan penghubung pipa lebih mudah dilakukan.

Pihak PUDAM sedang berusaha semaksimal mungkin untuk bisa secepatnya membenahi kerusakan ini agar pelanggan segera bisa menikmati layanan seperti biasanya. Salah satu petugas PUDAM mengungkapkan ”Kemarin (Senin) kita kerja dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Kita tidak tahu nanti selesai pukul berapa, semoga tidak ada yang pecah lagi karena pembangunan terus berjalan,” .

 

Komentar