Usai Masa Jabatan, Anas Ingin Jadi Konsultan Bupati. Purnomo: Anas Sukses Sebagai Bupati Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas akan segera mengakhiri masa jabatannya, yaitu pada awal tahun 2021. Usai masa jabatannya yang penuh dengan inovasi, Anas berencana untuk menjadi konsultan bupati.

“Saya akan menyelesaikan memimpin sebagai Bupati Banyuwangi, setelah itu saya ingin tetap mengabdi kepada masyarakat, saya ingin berbagi ilmu dan jadi konsultan bupati yang ingin memajukan daerahnya”, ungkapnya.

Dia mengaku kerap diundang ke berbagai daerah sebagai pembicara, untuk memaparkan bagaimana caranya selama ini menjadikan Banyuwangi sebagai daerah yang lebih maju serta berkembang. Itulah yang membuatnya berkeinginan untuk menjadi konsultan bagi para bupati yang telah mengundangnya, maupun bagi bupati-bupati yang lainnya.

“Selama ini, ketika teman-teman datang dan belajar dengan kami, sebagian ada yang sulit untuk menjalankannya. Menurut saya sebenarnya ada banyak jalan, tapi terkadang karena mereka belum punya pengalaman, jadi agak kesulitan. Karena itu saya pikir jika jadi konsultan akan bisa membantu mereka.” jelasnya.

Saat ditanya apakah nanti dirinya akan tetap melanjutkan karir di bidang politik, Anas mengaku hingga saat ini belum memikirkan bagaimana nantinya setelah tidak lagi menjabat sebagai bupati. Dia tidak ingin membuat target-target tertentu.

“Mengalir saja, jadi hidupnya terasa bahagia. Kalau banyak target mukanya jadi sumpek kalau tidak tercapai,” katanya.

Mendengar hal ini, Purnomo, yang berencana untuk menjadi calon bupati Banyuwangi 2020-2025, mengatakan bahwa Anas selama 10 tahun ini memang cukup sukses sebagai Bupati Banyuwangi.

“Pak Anas memiliki program-program yang bagus selama memimpin Banyuwangi, jika beliau jadi konsultan bupati, pasti akan lebih banyak lagi daerah-daerah di Indonesia yang menyusul kesuksesan Banyuwangi,” kata Purnomo yang lebih akrab dipanggil Mas Pur ini.

“Kemudian, bupati Banyuwangi selanjutnya harus bisa mengembangkan apa yang sudah dilakukan Pak Anas, dan memperbaiki apa yang perlu diperbaiki,” tandasnya.

Anas juga baru saja membuat buku yang berjudul “Anti-Mainstream Marketing: 20 Jurus Mengubah Banyuwangi”, yang berisi pemaparan dari apa yang dilakukannya selama menjadi bupati Banyuwangi. Beritanya dapat dilihat di Luncurkan Buku, Bupati Anas Beberkan Rahasianya Mengubah Banyuwangi.

Komentar