Presiden China Utus Wakilnya Hadiri Pelantikan Jokowi- Ma'ruf

Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih Jokowi-Ma’ruf Amin, Presiden China yakni Xi Jinping menugaskan Wakil Presiden Wang Qishan untuk turut menghadiri Pelantikan Presiden Jokowi-Ma’ruf pada Minggu tanggal 20 Oktober 2019 di jakarta.

"Wakil Presiden Wang Qishan akan menjadi utusan khusus Presiden Xi untuk menghadiri acara pelantikan Presiden Joko Widodo di Jakarta pada 20 Oktober atas undangan pemerintah Indonesia, ," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir Antara di Beijing, Selasa (15/10/2019).

Usai menghadiri pelantikan presiden Jokowi- Ma’ruf di Jakarta, Wapres Wang akan langsung terbang ke Tokyo untuk menghadiri penobatan Kaisar Jepang Naruhito pada selasa (22/10)

Sebagai mantan Wali Kota Beijing, Wapres Wang merasa tidak asing dengan Indonesia karena sebelumnya sudah pernah mengunjungi Ibu Kota Indonesia tersebut.

Wang juga menerima kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Forum Prakarsa Sabuk Jalan (BRF) di Beijing pada April lalu.

Tiga bulan kemudian, Wapres Wang juga menerima kunjungan Presiden Indonesia kelima Megawati Sukarnoputri di Beijing.

Saat bertemu Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, Wapres Wang menyampaikan kekagumannya kepada mendiang Soekarno atas inisiatifnya menggelar Konferensi Asia-Afrika di Bandung pada 1955.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf akan dilangsungkan di gedung DPR/MPR di Jakarta pada Minggu (20/10) sore dan dihadiri sejumlah tamu negara sahabat.

 

Komentar