Mengenal Banyuwangi, Kota Ujung Timur Pulau Jawa

Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa, julukan The Sunrise of Java disandang Kabupaten Banyuwangi tidak lain karena daerah yang pertama terkena sinar matahari terbit di pulau Jawa. Jika anda berkunjung ke Banyuwangi, anda jangan melewatkan tempat wisata yang sangat indah ini.

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran Bayuwangi ditetapkan memiliki luas sebesar 25.000 Ha. Taman Nasional Baluran memiliki sekitar 444 jenis tumbuhan dan di antaranya merupakan tumbuhan endemik asli yang khas dan mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering. Anda juga bisa melihat satwa seperti banteng, rusa, kerbau liar, kijang, kucing bakau , kancil, macan tutul, ajag. Banteng merupakan salah satu maskot yang ada Taman Nasioanal Baluran.

Taman Nasional Baluran Banyuwangi

2. Kawah Ijen

Jangan sampai anda tidak berkunjung ke sini, iya ke kawah ijen. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Yang menarik dari kawah ijen adalah setiap pukul 02.00 sampai 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena alam yang berupa blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini, karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen. Jadi kawah ijen merupakan tempat wajib yang harus anda kunjungi.

Kawah Ijen

3. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung, atau yang lebih dikenal dengan sebutan G-land merupakan salah satu pantai yang sangat terkenal di kab. Banyuwangi. Pantai yang yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo ini merupakan salah satu surga para peselancar dunia.

Pantai Plengkung Panyuwangi

4. Green Bay atau Teluk Hijau

Teluk Hijau adalah objek wisata pantai yang berada dalam area Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Banyuwangi. Dinamai Teluk Hijau demikian dikarenakan air lautnya yang cenderung berwarna hijau.

Green Bay Banyuwangi

Green Bay atau Teluk Hijau Banyuwangi

5. Pantai Pulau Merah

Pulau Merah atau Pulo Merah adalah sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal karena ada sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut, terdapat Pura di mana warga yang beragama Hindu disana melaksanakan upacara Mekiyis.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Komentar