Luncurkan Buku, Bupati Anas Beberkan Rahasianya Mengubah Banyuwangi

Hal kreatif kembali dilakukan oleh Anas menjelang akhir kepemimpinannya sebagai Bupati Banyuwangi. Dia meluncurkan sebuah buku yang merupakan pemaparan dari apa yang dilakukannya untuk membangun Banyuwangi selama 10 tahun dia memimpin.

Buku yang berjudul “Anti-Mainstream Marketing: 20 Jurus Mengubah Banyuwangi” ini berisi prinsip-prinsip kreatif mengembangkan Banyuwangi dengan pendekatan-pendekatan tak lazim khas Bupati Anas.

Dalam peluncurannya di Gramedia Expo, Surabaya, Senin (14/10/2019), Anas mengatakan bahwa ini merupakan upaya mendokumentasikan semua yang dia lakukan selama menjadi bupati, jatuh bangun membangun daerah Banyuwangi.

“Di dalamnya terdapat 20 jurus yang kami petakan dari sisi strategi, inovasi, dan leadership,” terang Anas.

Luncurkan Buku, Bupati Anas Beberkan Rahasianya Mengubah Banyuwangi

Pendekatan anti-mainstream yang dilakukan Anas misalnya menekankan bahwa setiap dinas di Banyuwangi adalah Dinas Pariwisata. Hal tersebut merupakan wujud dari tourism centered economy, atau ekonomi yang bersumbu pada pariwisata.

Bupati Anas mencontohkan salah satunya ketika PT INKA sedang dalam proses membangun pabrik kereta terbesar se-ASEAN di Banyuwangi, mereka didorong ke arah pariwisata dengan membuat Museum Kereta Api.

Jurus lain yang ada di buku ini adalah “Semakin Misteri Semakin Diminati”, yang digunakan untuk mengangkat Alas Purwo. Tempat ini merupakan taman nasional yang telah ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia.

Alas Purwo yang dikenal kaya akan kearifan lokal dan nilai-nilai leluhur tersebut, oleh Bupati Anas dikemas sedemikian rupa hingga tingkat kunjungannya melonjak pesat.

Jurus lainnya lagi yang tak kalah nyeleneh adalah “Dari Kota Santet Menuju Kota Internet”. Selama ini Banyuwangi dikenal sebagai daerah yang erat dengan klenik, oleh Anas diarahkan menjadi daerah yang memiliki kesan maju dengan membuat pelayanan publik berbasis digital.

Itulah sekelumit contoh jurus-jurus Anas yang ditulis dalam buku ini, tentunya masih banyak lagi jurus yang lebih unik yang dipaparkan oleh Bupati Banyuwangi ini.

Komentar