Kompak, Sepasang Suami Istri Ini Bersaing di Pilkades Serentak Banyuwangi

suarabanyuwangi.com - Dari sekian desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) di Banyuwangi, Jawa Timur, ada salah satu yang menarik yakni Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi. Pesertanya hanya dua orang yakni Budiharto dan Maria Ulfa. Keduanya merupakan pasangan suami istri yang bersaing menjadi kepala desa. Persaingan antara Budiharto dan istri terjadi karena hanya Budiharto yang mendaftar sebagai bakal calon Kepala Desa Karangbendo hingga hari terakhir pendaftaran. Padahal dalam regulasi pilkades tidak boleh ada calon tunggal, sehingga Budiharto memutuskan untuk mendaftarkan istrinya maju dalam pilkades. 

“Dari pemerintahan desa sendiri, minimal satu tahun saya promosikan bahwa ada pemilihan kepala desa. Usaha pemerintahan desa sudah maksimal. Ternyata sampai kurang dari1 bulan tetep tidak ada yang mau tampil, sehingga saya sendiri. Berhubung persyaratan ada rifal mestinya saya cari rifal, yaitu istri saya ini,” kata pria yang merupakan calon petahana ini, Rabu (9/10/19).

Budiharto menambahkan, dia akan legowo jika nanti istrinya yang menang dan terpilih menjadi Kepala Desa. Namun, jika nantinya dirinya yang terpilih kembali dia berjanji akan mensejahterakan warganya dan meneruskan pembangunan di desanya. “Legowo ya siapa yang dipercaya warga legowo. Amanah masyakarat ya harus diikuti. Gimana saja caranya masyarakat saya sejahtera,” jelasnya.

Dari sisi lain, Maria Ulfa mengaku siap jika terpilih menjadi Kepala Desa Karangbendo. Wanita yang sebelumnya bekerja sebagai pedagang tersebut pasrah terhadap hasil pemilihan nanti. “Suami saya nyuruh ya siap. saya sungguhan nyalon, ya tidak pernah beda pendapat, ya itu keinginana saya kalau bapak menang,” katanya.

Pilkades Desa Karangbendo tidak hanya menarik dari sisi calon. Pihak Panitia Pilkades Desa Karangbendo juga punya cara unik untuk memaksimalkan partisipasi warga dalam Pilkades. Panitia menyiapkan puluhan door prize bagi warga yang datang menyalurkan hak pilihnya. Door prize yang disediakan berupa sepeda gunung, kipas angin, magic com dan setrika. “Ya sama-sama baik (calonnya). Alhamdulillah baik sama masyarakat. Sebelumnya iya Kepala Desa di sini. Dua periode ini. Ada kupon undiannya juga. Senang sama pak lurahnya, sama hadiahnya juga,” kata Hafifah, salah seorang warga yang datang ke TPS. (MM)

Komentar