Keunikan Desa Adat Suku Osing di Kemiren Banyuwangi

suarabanyuwangi.com - Salah satu suku asli Banyuwangi masih ada dan tetap lestari di Desa Osing yang warganya masih mempertahankan adat istiadat asli. Lokasi Desa ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi. Tinggal menuju jalan ke arah Kawah Ijen, kita pasti melintasi desa tersebut. Tempatnya juga terbilang sangat enak dan nyaman untuk relaksasi menikmati aroma pedesaan yang masih sangat asri dan khas Desa Wisata Osing. Desa Wisata Osing atau Using ini berada di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah di Kabupaten Banyuwangi.

Penduduk di Desa Kemiren merupakan kelompok masyarakat yang memiliki adat istiadat dan budaya yang dikenal sebagai suku Osing. Mereka masih memegang erat adat dan kearifan lokal Banyuwangi. Orangnya ramah-ramah. Mulai dari cara berpakaian, rumah tinggal dengan bentuk yang seperti aslinya (hanya saja di pugar agar terlihat lebih menarik) serta gaya hidupnya sangat sederhana dan ramah.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah menetapkan desa ini sebagai cagar budaya dan terus mengembangkannya sebagai Desa Wisata Suku Osing. Agar para wisatawan bisa melihat adat istiadat dan kebiasaan suku asli Banyuwangi.

Menikmati sejuknya hawa pegunungan serta indahnya pemandangan alam, dengan latar belakang gunung Raung dan gunung Ijen, semua tersaji di Kemiren. Banyak juga rumah penduduk yang berfungsi sebagai guest house yang bisa disewa dengan harga terjangkau apabila ingin bermalam. Hotel bintang juga sudah mulai berdiri tepat di samping obyek wisata Osing.

Warga suku Osing ini adalah warga terakhir dari keturunan kerajaan Hindu Blambangan yang tersisa di desa ini. Masyarakat suku Osing ini berbeda dengan warga Jawa lainnya, bahkan bahasa yang digunakan pun berbeda dengan warga Jawa lainnya. Perbedaan lain juga terlihat dari tradisi yang telah mereka jalankan secara turun menurun hingga sekarang. Tradisi itu antara lain adalah Gedhongan, atraksi Barong, tari gandrung, dan masih banyak lagi. Kamu bisa melihatnya saat kamu berkunjung ke desa ini. (MM)

Komentar