Kebakaran Gunung Raung, 13 Pendaki Terjebak Semalaman, 7 Merupakan Warga Singapura

Akibat kebakaran hutan pada Jum'at sore (4/10) hingga Sabtu pagi (5/10) di Gunung Raung, Banyuwangi, Jawa Timur, sebanyak 13 pendaki gunung terjebak. Pendaki terdiri dari 7 warga negara asing (WNA) asal Singapura dan 6 pendaki asal Indonesia. Mereka semuanya selamat dari kebakaran dan berhasil dievakuasi.

Para pendaki naik ke Gunung Raung melalui rute Kalibaru, dan titik kebakaran diperkirakan berada di Pos 4, Pos 5, Pos 6, dan Pos 7 pada rute tersebut, yang membuat mereka tidak bisa kembali. Untung saja belasan pendaki tersebut memiliki perbekalan yang cukup dan bisa berlindung di tempat yang aman.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo menyatakan bahwa dia bisa mengirimkan personelnya untuk melakukan evakuasi, setelah menerima komunikasi dari para pendaki melalui HT.

Evakuasi yang dimulai dari pukul 22.00 WIB ini juga dibantu oleh BPBD Bondowoso dan Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Sejumlah personel TNI dan Polri serta relawan dari warga juga turut dilibatkan.

Meski waktu sudah menunjukkan lewat tengah malam, tim masih terus berupaya sekeras mungkin menemukan para pendaki lantaran titik kebakaran sudah semakin meluas. Setelah menemukan para pendaki, mereka membawanya ke kamp logistik. Setelah itu, tim kemudian melakukan pemadaman di jalur pendakian.

Pada pukul 06.00 WIB, para pendaki masih menunggu sampai tim gabungan benar-benar berhasil memadamkan api, setelah itu mereka berangsur-angsur dibawa menuruni gunung. Evakuasi yang penuh perjuangan ini akhirnya selesai pada hari Sabtu (5/10) pada pukul 09.00 WIB. Semua pendaki berhasil selamat.

Kebakaran Gunung Raung 13 Pendaki Terjebak Semalaman

Kebakaran di jalur pendakian Gunung Raung ini disinyalir akibat kemarau panjang. "Di area tersebut hampir seluruhnya terdapat tanaman ilalang. Saat ini hampir semua tanaman itu mengering sehingga mudah terbakar," papar Eko, Koordinator Base Camp Kalibaru Banyuwangi.

Dijelaskan Eko, beberapa hari yang lalu terjadi badai di puncak Gunung Raung. Hal ini adalah kemungkinan penyebab adanya gesekan kayu dan ilalang yang menimbulkan api. Kemudian api pun merambat dan terbang kemana-mana.

Komentar