Indonesia Tertinggal dalam Bidang Wirausaha

Dilansir dari situs setnas-asean.id, Indonesia masih tertinggal oleh negara-negara asean dalam jumlah pelaku wirausaha. Jumlah pelaku usaha di negara kita hanya sekitar 3%, dan itu kalah dari negara tetangga di ASEAN seperti Malaysia, Singapura dan Thailand yang sudah berada di atas 4%. Kalah jauh ya guys?

Lantas apa sih kira-kira yang membuat Indonesia kalah saing dalam bidang Entrepreneurship? Mari kita simak!

1. Ide dan Kreatifitas Rendah

Ya, Wirausaha membutuhkan skill dan kreatifitas . Karena wirausaha membutuhkan itu sebagai dasar seseorang mendapatkan ide untuk memulai usaha dengan kemampuan melihat peluangnya. Bagaimana cara memulainya? Dan Mau buka usaha apa?

2. Hanya keinginan tapi Gengsi Besar Sehingga Kalah Sebelum Mulai!

Kebanyakan dari remaja atau masyarakat Indonesia saat ditanya mau atau tidak punya usaha, pasti mereka semua menjawab mau sekali. Akan tetapi kemauan saja tidak cukup. Perlu nyali yang besar untuk memulai, terutama bagi yang modalnya pas-pasan. Masyarakat kita lebih banyak berfikir Instan dan tidak ingin berproses. Padahal bisnis itu perlu dimulai dari hal yang kecil. Mereka enggan memulai usaha karena alasan malu, dan khawatir disebut enggak mampu!

3. Lebih Berpikir Cari Aman

Mereka yang tidak memulai bisnis memandang bahwa bisnis atau berwirausaha itu suatu pekerjaan yang tidak aman. Ya, memang tidak aman dan tidak pasti. Bisa saat ini rugi, dan bisa saja untung.

Wirausaha lagi-lagi membutuhkan usaha dan kerja keras, penuh strategi dan kreatifitas. Maka dari itu menjadi seorang calon pengusaha harus siap berproses dan punya mental pantang menyerah, Learning by Doing.

Karena tidak mau menanggung resiko rugi dan maunya hidup aman, mereka memilih bekerja sebagai pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dapat gaji tetap tiap bulannya tanpa harus pusing mikirin strategi pasar. Tapi jadi ASN itu gak buruk ya Guys, dari pada nganggur…

4. Terlalu Banyak Mikir

Ingat kata Alm. Bob Sadino? Seorang Wirausahawan yang nyentrik dengan celana pendeknya, yang memiliki perusahaan Kemcik? Beliau bilang, kalau mau jadi pengusaha itu gak perlu banyak mikir, langsung saja dijalani begitu kamu punya ide mau jual apa.

6. Alasan Modal

Alasan modal menjadi alasan paling banyak seseorang tidak jadi buka usaha. namun tahukah kamu bahwa ternyata modal materi bukan menjadi hal utama dalam membuka bisnis? modal utama bisnis adalah ide. seberapa banyak uang yang dimiliki jika tidak memiliki ide untuk membuka usaha maka usaha itu tidak akan berjalan. selain itu modal utama kita dalah panca indera dan anggota tubuh. seseorang bisa bekerja terlebih dahulu menurut kemampuannya masing-masing, dan mengumpulkan uang dari hasil bekerjanya tersebut, lalu kemudian uang yang dikumpulkannya bisa dijadikan modal, tidak harus besar, usaha bisa dimulai dari hal yang kecil.

5. Bermental Malas, Konsumtif dan Kurang Produktif

Mental konsumtif dan kurangnya produktifitas sebenarnya berasal dari sifat pemalas yang ingin selalu berada di zona nyaman. Nah yang terakhir ini mencakup semua penyebab diatas. Banyak di masyarakat kita yang sebenarnya hidup dalam kondisi pas-pasan tetapi tidak berfikir revolusioner. Berusaha untuk mengubah kondisi hidupnya dengan usaha, banyak alasan, dan mengeluh tanpa mencoba terlebih dahulu.

 

 

 

Komentar