Fakta-Fakta Unik Tentang Banyuwangi Yang Ngeri-Ngeri Sedap

Banyuwangi sebagai kabupaten paling timur di pulau Jawa ternyata menyimpan sejuta misteri. Banyak hal yang menurut masyarakat di sana adalah hal yang umum, tapi bagi sebagian orang di luar Banyuwangi adalah hal yang bisa dibilang wow. Dibalik bentang alam Banyuwangi yang indah, ternyata ada fakta-fakta menarik yang membuat rasa penasaran muncul untuk membuktikan langsung keasliannya. Apa saja fakta yang menarik untuk disimak terkait Banyuwangi? Berikut ulasannya.

1. Gudang Teluh dan Santet

Trademark Banyuwangi sebagai daerah yang penuh dengan teuh & santet sudah tidak bisa di sanggah lagi. Masnyarakat banyuwangi memandang hal tersebut sebagai satu hal yang lumrah dan wajar. Jargon santet harga lima ribuan pernah muncul karena sudah menjamur dan familiernya masyarakat menggunakan jasa tersebut.

Santet menjadi ramai ketika terjadi tragedi perdukunan tahun 1998 silam, dimana kebanyakan orang banyuwangi masih sangat akrab dengan hal-hal yang berbau klenik. Pada tahun itu, terjadi pembantaian 100an dukun yang dicurigai menyebarkan santet untuk membunuh guru-guru ngaji, imam masjid, atau ketua RT dan RW yang menjadi korbannya. Hingga saat ini fenomena ini tidak ada kejelasan dan menguap begitu saja.

2. Tempat Paling Angker se-Indonesia

Tak hanya santet dan teluh, ternyata ada hal lain yang bisa membuat bulu kuduk kita berdiri tiba tiba. Banyuwangi jugga memiliki sebuah tempat yang sudah terkenal angker yang bisa di sebut tempat paling angker se Indonesia yaitu Alas Purwo.

Di tempat ini bila tersesat sekali saja, jangan pernah berharam bisa kembali. Banyak yang percaya bahwa orang yang masuk ke alas ini maka tidak akan bisa keluar. Bahkan kalu keluarpun, hidupnya akan dilalui dengan penuh kesialan. Banyak yang mengatakan bahwa tempat ini merupakan kerajaan ghaib yang dihuni oleh berbagai jenis setan, jin dan makhluk halus lainnya. Di luat itu, tempat ini juga terkenal sebagai pusat untuk menimba ilmu hitam dan bersemedi. Sebagai cagar alam, Alas Purwo ini masih sangat alami dan dihuni oleh banyak binatang buas termasuk diantaranya macan jawan yang sudah hampir punah.

3.Spot Selancar Level Dunia

Setelah bicara tentang kengerian yang ada di Banyuwangi, saatnya beralih ke hal lain yang menakjubkan tentang banyuwangi. Salah satu spot terbaik yang dimiliki banyuwangi adalah Pantai Plengkung dengan spot selancarnya yang bertaraf Internasional. Tempat ini menjadi rekomandasi terbaik terutama untuk kamu yang suka berselancar, selain itu juga namanya sudah sangat dikenal oleh para peselancar kelas dunia.

Sebagai pantai dengan ombak terkeren se dunia, Plengkung mendapat sebutan G-Land. Sebutan itu di peroleh dari ombak yang dihasilkan menyerupai bentuk huruf G dengan ketinggian 4-6 meter. Hanya beberapa tempat di dunia yang memiliki ombak seperti ini, diantaranya Hawaii dan Plengkung ini. Buat kamu yang tidak bisa berselancar, bisa berjalan-jaln di pantai yang masih sangat alami ini sambil menunggu sunset yang kata orang terindah di Indonesia.

4. Kecantikan Gadis Osing

Banyak orang yang pernah ke Banyuwangi mengatakan kalau gadis banyuwangi itu cantik-cantik, terutama dari suku Osing yang merupakan penduduk asli Banyuwangi. Memang faktanya gadis di sana memang cantik-cantik, ibarat berlian diantara pasir pantai yang cantiknya alami dari karunia ilahi.

Selain cantik, para gadis di Banyuwangi juga sangat menjaga adat. Banyak adat yang tetap mereka jaga dan lestarikan seperti tembang dan tari daerah. Setiap bulan oktober ada festifal adat yang disebut Gandrung. Di acara ini menampilkan lebih dari 1000 penari di tepi sebuah pantai bernama Boom. Pada saat iu bisa kita lihat betapa cantiknya para gadis banyuwangi dengan pakaian adatnya.

5. Kuliner Legendaris

Selain asyik dengan gadis cantiknya, banyuwangi juga merupakan tempat yang asyik untuk memanjakan lidah. Banyak makanan lezat yang bisa ditemui di Banyuwangi, mulai dari sego tompong, sampai pecel pitik yang sangat legendaris. Pecel pitik adalah satu kuliner yan wajib kamu coba ketika berkunjung ke banyuwangi.

Selain makanan berat, juga bisa dijumpai makanan lain yang bisa di jadikan kudapan saat bersantai, salah satunya kue bagiak. Biasanya kue ini dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang yang menunggu kedatanga kita dari banyuwangi.

Komentar