Diduga Kelelahan, Ketua KPPS di Banyuwangi Meninggal

suarabanyuwangi.com - Ketua KPPS di TPS 28, Lingkungan Sumbersawo Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, telah meninggal dunia diduga karena kelelahan. Korban bernama Nanang Subiyanto (55), warga Stendo, Kelurahan Tukangkayu.

Nanang Subiyanto meninggal dunia di rumahnya, sekitar pukul 12.00 WIB, pada Selasa (22/4/2019). Jenazah sudah dikebumikan langsung sore harinya.

Istri korban, Juhariyah (54) mengatakan, suaminya tersebut menjadi petugas KPPS sudah kedua kalinya dan menjadi seorang ketua. Saat istirahat makan siang 17 April 2019 lalu, Nanang mengaku sudah merasa kelelahan. Meski demikian, suaminya tetap melanjutkan tugasnya hingga selesai rekapitulasi suara sampai tengah malam. Setelah itu, mengantar kotak suara ke Kantor Kelurahan Tukangkayu.

"Yang membaca surat suara dari awal sampai selesai jam 12 malam itu suami saya. Nah itu mengaku kelelahan," ujar Juhariyah ditemui di rumahnya, pada Rabu (24/4/2019).

Keesokan harinya, lanjut Juhariyah, meskipun mengaku kelelahan pasca penghitungan suara suaminya tetap melanjutkan pekerjaannya sebagai pemborong proyek pengecatan di Badan Pertanahan Nasional di Banyuwangi. Setelah beraktivitas seperti biasanya, tanggal 23 April 2019, Nanang meninggal dunia di rumahnya. "Saat itu istirahat di kamar. Waktu akan meninggal itu kedip-kedip saja terus tidak sadarkan diri," ujarnya.

Istri Nanang  mengaku kematian suaminya sangat mengejutkan bagi keluarga. Sebab suaminya tidak pernah mengeluhkan sakit. Saat itu, suaminya hanya mengaku capek saja setelah menjadi petugas KPPS.

"Kalau riwayat penyakit suami saya nggak ada, penyakit jantung nggak punya, apalagi diabetes juga nggak punya. Mungkin karena kelelahan itu saja," kata Juhariyah. Dokter yang memeriksa menyebut bahwa suaminya itu mengalami kelelahan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Banyuwangi Edi Saiful Anwar mengatakan, sampai saat ini di Bumi Blambangan terdapat dua orang yang diduga meninggal dunia akibat kelelahan saat bertugas dalam Pemilu 2019, satu orang petugas Linmas di Kecamatan Genteng dan Nanang, Ketua KPPS di Kelurahan Tamanbaru.

"Kalau yang sakit dan opname cukup banyak, hingga hari ini tercatat ada 8 orang. Ini masih kita data untuk kita teruskan ke KPU Provinsi dan KPU RI supaya mendapat santunan dari pusat," jelasnya. (MM)

Komentar