Dapat Kontrak dari 3 Investor, Petani Buah Naga Terselamatkan

suarabanyuwangi.com - Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengungkapkan bahwa petani buah naga di daerah itu mendapat kontrak pembelian sebanyak 150 ton dari tiga perusahaan besar di Jakarta.

Kementerian Pertanian (Kementan) telah sepakat dengan tiga investor itu untuk menyerap 150 ton buah naga petani Banyuwangi. Dengan harga normal berkisar Rp 5000-6000/kg, ketiga investor itu adalah PT. Lumbung mineral, PT. Aneka Pangan Bergizi dan CV. Luhur. 

"Kontrak ini menjadi kepastian pasar dan harga bagi para petani di tengah melimpahnya produksi buah naga saat ini," kata Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi, Arief Setiawan pada Selasa (22/1/2019).

Kontrak pembelian tiga perusahaan telah ditandatangani sebanyak 20 truk atau sekitar 150 ton ditandatangani petani dan pembeli di Kantor Dinas Pertanian Banyuwangi. Teknis pengirimannya dilakukan secara bertahap dalam beberapa kiriman hingga memenuhi target 150 ton. 

Dengan adanya langkah ini, Dinas Pertanian Banyuwangi berharap petani Banyuwangi mampu meraup keuntungan maksimal, apalagi Banyuwangi merupakan sentra produksi buah naga. 

Lewat kontrak penyerapan 150 ton tersebut diharapkan sangat membantu petani dalam pemasaran, yaitu dengan adanya kepastian pasar dan harga. (MM)

Komentar