Calon Bupati Purnomo Dukung Tour de Ijen Banyuwangi

Bupati Banyuwangi saat ini, Abdullah Azwar Anas mengharapkan gelaran lomba sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) nanti tetap bisa berjalan, walaupun dirinya sudah tidak lagi menjabat sebagai bupati. Dia menilai lomba tersebut sudah menjadi salah satu ikon Banyuwangi.

Anas mengatakan, selain mendapat pujian dari Union Cycliste Internationale (UCI) sebagai even balap sepeda yang layak masuk sepuluh terbaik dunia, ITdBI adalah salah satu agenda Festival Banyuwangi yang memiliki ruh. Itu karena dalam penyelenggaraannya, hampir semua komponen masyarakat ikut terlibat. Termasuk wartawan, kepala desa, kepala dusun, babinsa, babinkamtibmas, hingga semua komponen pemkab.

“Kita bisa melihat semua masyarakat telah terbiasa dengan even ini, bahkan termasuk anak-anak sekolah. Dan ini menjadi poin penting yang tidak ditemukan di negara lain”, kata Anas. Oleh sebab itu Anas berharap, siapapun yang memimpin Banyuwangi setelahnya, bisa tetap menggelar even balap sepeda ini.

Menanggapi hal tersebut, Purnomo yang merupakan salah satu kandidat Calon Bupati Banyuwangi 2020-2025 menyatakan sepakat dengan Anas. Ditemui Suara Banyuwangi kemarin (09/10), pria yang akrab disapa Mas Pur ini mengatakan bahwa ITdBI harus tetap digelar, dan harus ada prestasi Banyuwangi dalam balap sepeda.

Calon Bupati Banyuwangi Purnomo

“Sepakat, dengan catatan even ini harus menumbuhkan bibit-bibit pembalap dari Banyuwangi dan harus ada tolok ukurnya, korelasi antara APBD dan prestasi balap sepeda”, ungkap Purnomo.

Pengelola ITdBI menyatakan jika tahun depan masih berjalan, mereka berencana memberikan beberapa peningkatan jika memungkinkan, diantaranya penambahan etape dan juga pelaksanaan etape pada malam hari.

Komentar