Asyik! Sekarang dari Banyuwangi ke Yogyakarta Sudah Bisa Pakai Pesawat

Kabar gembira untuk para wisatawan tanah air maupun mancanegara, rute penerbangan baru akan dibuka untuk menghubungkan dua kota wisata di pulau jawa, yaitu Banyuwangi-Yogyakarta, maupun sebaliknya.

Sebelum Yogyakarta, rute penerbangan ke kota ikon pariwisata lain telah terlebih dahulu dioperasikan, yaitu ke Denpasar, Bali. Dengan dibuatnya rute-rute tersebut, diharapkan kunjungan ke Banyuwangi terutama para wisatawan semakin meningkat.

Rute penerbangan Banyuwangi-Yogyakarta direncanakan akan mulai terbang perdana pada hari Sabtu, (19/11/2019). Penerbangan rute ini akan menggunakan pesawat dari maskapai Xpress Air jenis Boeing 737 yang berkapasitas 140 kursi.

Rencananya rute penerbangan ini akan dibuka tiga kali dalam seminggu, yaitu hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Adapun jadwal penerbangan Yogyakarta–Banyuwangi pukul 09.20–10.40 WIB, sedangkan Banyuwangi–Yogyakarta pukul 15.40–17.00 WIB. Tiket pesawat bisa dipesan melalui travel agent, situs resmi Xpress Air, atau aplikasi tiket online.

Manajer Operasional Express Air, Mathias Mailoa, menjelaskan alasan mengapa rute tersebut dibuat, dia berpendapat bahwa Yogyakarta dan Banyuwangi merupakan destinasi wisata utama di Pulau Jawa. Mathias berharap para wisatawan yang berlibur di Yogyakarta bisa langsung menuju Banyuwangi, begitu juga sebaliknya.

“Sasaran utama kita, tentu saja segmen pariwisata. Sebab di Banyuwangi dan Yogya, memang banyak sekali destinasi wisata yang menjadi rujukan para wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara,” terangnya.

Mathias optimis rute tersebut akan sukses, menurutnya ini adalah peluang yang bagus, ditambah lagi rute Banyuwangi-Yogyakarta baru pertama kalinya akan dibuka. “Tentu kami tidak ingin melewatkan kesempatan ini,” tambahnya.

Tidak hanya untuk para wisatawan, kedepannya rute tersebut diharapkan juga dapat menyasar segmen mahasiswa, hal ini mengingat Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar memiliki banyak universitas.

“Selain itu, kami juga menarget pengusaha dan birokrasi. Dengan adanya rute baru ini, pastinya akan mempercepat pergerakan para pelaku bisnis, pertukaran pelajar, maupun perjalanan dinas,” jelasnya.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengaku sangat senang dengan dibukanya rute ini. “Kami merasa senang Banyuwangi bisa terhubung dengan pusat-pusat pariwisata di Indonesia, misalnya seperti Yogyakarta,” ucap Anas, Kamis (17/10/2019).

Komentar