Akhirnya Anggaran Pilbup Banyuwangi Disepakati

suarabanyuwangi.com - Anggaran Pemilihan Bupati 2020 (Pilbub Banyuwangi 2020) telah mencapai kesepakatan final, di angka Rp 73, 662 miliar. Keputusan akhir tersebut telah disepakati antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), setelah keduanya melakukan audiensi pembahasan bersama. “Dari hasil audiensi dengan TAPD, setelah berdiskusi panjang lebar, akhirnya bisa disetujui di angka Rp 73,662 miliar," kata Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraeni.

Dwi mengaku lega dengan hasil kesepakatan dan support dari Pemkab setempat. Meskipun nilainya masih jauh dari pengajuan anggaran sejumlah Rp 109 miliar. Dwi menceritakan sebelum sepakat di angka tersebut, pihaknya telah mengajukan Rp 78 miliar, dengan membuang honor tambahan untuk adhoc.

"Dari situ kita sesuaikan lagi, kita lakukan rasionalisasi kembali dan muncul Rp 73,962 miliar. Angka itu masih direvisi lagi, barulah final muncul angka Rp 73,662 miliar,” katanya.

Menurutnya, pengurangan sebesar Rp 300 juta itu terkait pengurangan dana santunan serta barang habis pakai seperti alat tulis perkantoran.

“Angka ini kita anggap cukup karena kita sudah mencoba seefisien mungkin. Tetapi kebutuhan tahapan kita terpenuhi semua,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, dalam pelaksanaan Pilkada atau Pilbup Banyuwangi 2020, KPU bertanggung jawab atas berbagai tahapan, honor Adhoc hingga pengadaan logistik.

“Karena itu sudah pas komposisinya, tidak bisa dikurangi. Mungkin yang bisa dikurangi adalah volume kegiatan kita seperti sosialisasi serta rapat,” cetus Ketua KPU Banyuwangi. (MM)

Komentar