3 Wisata Alam Banyuwangi yang Wajib Kamu Kunjungi

Banyuwangi yang sedang hits akhir-akhir ini karena perkembangan di bidang pariwisata yang dulunya hanya sebagai kota persinggahan menuju ke Bali yang sudah menjadi ikon wisata Dunia, menjadikan semakin tereksposnya beberapa tempat wisata yang dulu jarang diketahui orang.

Didukung dengan perkembangan media digital, semakin cepat orang yang tahu tentang berbagai tempat wisata di Banyuwangi. Selain wisata budaya, ternyata Banyuwangi memiliki obyek wisata alam yang luar biasa indahnya. Buat kamu yang suka dengan wisata alam, jangan pernah terlewat untuk mampir ke 3 tempat wisata alam di Banyuwangi yang indah ini.

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen Banyuwangi Jawa Timur

Secara administratif, Kawah Ijen terletak di Banyuwangi; kota yang terletak di ujung Pulau Jawa. Selain menjadi lokasi favorit para pendaki, objek wisata ini juga menarik wisatawan lain yang ingin melihat keindahan alam dari ketinggian. Untuk pengunjung dari luar Pulau Jawa, Anda bisa memesan tiket pesawat ke Surabaya, kemudian melanjutkan perjalanan darat selama kurang lebih 7-8 jam. Alternatif lain yang lebih mudah adalah dengan membeli tiket penerbangan langsung ke Banyuwangi.

Blue fire atau kobaran api biru Kawah Ijen Banyuwangi, Jawa Timur merupakan fenomena langka yang hanya ada dua di dunia. Selain hanya ada di Kawah Ijen Banyuwangi, fenomena api biru ini terdapat di Islandia. Fenomena langka blue fire ini tentu saja hanya bisa dilihat saat malam.Saat ini Kawah Ijen sudah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Yang menjadikan salah satu daya tarik lain di Kawah Ijen adalah aktivitas para petambang yang memikul puluhan kilogram belerang. Usaha keras mereka begitu banyak disorot oleh media di dalam negeri maupun di luar negeri. Dengan kondisi yang berbahaya mereka tetap mengais nafkah meskipun mereka harus bertaruh nyawa menghirup udara yang beracun dari Kawah Ijen.

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran Banyuwangi Jawa Timur

Wisata alam Wilayah Jawa timur paling ujung ini menjadi sebuah kawasan destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Lantaran pesonanya yang luar biasa indahnya, wilayah yang memiliki julukan sunrise of java ini tidak hanya indah saja melainkan esoktis.

Luas kawasan ini kurang lebih 25.000 ribu hektar. Di kawasan ini kita akan disuguhi dengan berbagai macam konservasi dan hewan-hewan alam. Jangan kaget, saat menyusuri kawasan ini kita akan dihibur dengan kondisi jalan yang rusak parah. Karena statusnya sebagai sebuah Taman Nasional membuat jalan kawasan ini tidak boleh diperbaiki.

3. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi Jawa Timur

Pantai Teluk Hijau ini lokasinya berada di area Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur. Jaraknya dari kota Banyuwangi sekitar 90 kilometer yang dapat ditempuh selama kurang lebih dua jam perjalanan. Akses menuju Teluk Hijau tidak hanya bisa dilalui melalui akses darat. Akses dari lautpun bisa dilalui melalui jalur pantai Rajagwesi dengan menyewa perahu.

Saat menjejakkan kaki di area pantai Teluk Hijau, kita akan merasakan sendiri pasir putih yang sangat lembut, seperti berjalan di atas tepung. Meskipun terletak di pesisir selatan yang ombaknya tergolong ganas, ombak di Teluk Hijau tak terlalu besar. Di sini kita bisa berenang bahkan snorkeling. Apalagi panorama sekitar pantai yang sepi dikelilingi rimbunnya hutan membuat kita betah berlama-lama di pantai ini. Warna air laut yang berwarna hijau ini disebabkan alga yang tumbuh di dasarnya. Ditambah pepohonan dan gunung-gunung di sekeliling Pantai Teluk Hijau semakin memperkuat karakter hijau dari pantai ini.

Komentar