3 Tempat Wisata Mistis Banyuwangi Yang Harus Kamu Datangi Selain Alas Purwo

Banyuwangi merupakan kota yang indah dengan sejuta tempat eksotis yang menarik wisatawan. Begitu banyak tempat wisata yang masih sangat natural yang memanjakan mata para pengunjungnya. Dibalik semua keindahan alam Banyuwangi, banyak cerita mistis yang membuat sekujur tubuh merinding mendengarnya. Bagi kamu pecinta wisata mistis, beberapa tempat ini wajib kamu kunjungi ketika berada di Banyuwangi. Kemudian rasakan sensasinya, menjelajah tempat-tempat indah sekaligus merasakan dag dig dug jantung berdebar.

1. Keraton Macan Putih

Keraton Macan Putih Banyuwangi

Situs bersejarah yang merupakan bekas ibu kota Kerajaan Blambangan yang terletak di kecamatan Kabat, Banyuwangi. Keraton Macan Putih sempat menjadi ibukota kerajaan antara tahun 1655-1691. Meskipun situs bersejarah, sampai detik ini tempat tersebut masih terlupakan dan belum juga dijadikan sebagai cagar budaya oleh pemkab Banyuwangi.

Keraton Macan Putih oleh penduduk sekitar dianggap tempat yang sakral sekaligus angker. Menurut kisah yang diyakini, tempat ini menjadi lokasi dimana Prabu Tawang Alun menghilang. Banyak yang meyakini bahwa hilangnya Prabu Tawang Alun adalah kembali kepada Tuhan Sang Pencipta yang dinamai sebagai Muksa. Menurut paranormal yang pernah menyambagi tempat ini, mereka mengatakan bahwa ada seekor macan putih yang selalu menjaga tempat ini.

2. Watu Dodol

Pantai Watu Dodol Banyuwangi

Watu Dodol sebenarnya adalah bunker yang di buat oleh Jepang untuk mengintai kapal musih yang mendekat. Menurut keterangan warga, bunker yang di dalamnya sangat gelap ini tembus ke Alas Purwo namun sayang sudah sangat lama ditutup.

Di lokasi ini, ada beberapa spot yang dipercaya terhubung dengan dunia ghaib. Spot tersebut diataranya adalah petung gandrung yang biasanya akan menari dan bergerak di malam hari. Keudian ada juga sumur kecil, yang dipercaya sebagai tempat lagirnya Sunan Giri. Banyak yang percaya bahwa air yang ada di tepat tersebut memiliki khasiat. Selain itu, ada pula sebah batu yang berada di tengah jalan Watu Dodol yang sampai saat ini tidak ada yang mampu memindahkannya. Tempat ini juga terkenal angker dengan sebuah cerita tentang adanya seorang dukun yang pernah di gantung hidup-hidup sampai menemui ajalnya.

3. Rowo Bayu

Rowo Bayu Banyuwangi

Menurut cerita sejarah, Rowo Bayu ini merupakan tempat dimana terjadinya pertempuran antara kerajaan Blambangan melawan Belanda. Dengan bersatunya para pembesar kerajaan dan rakyat yang kompak melawan Belanda, akhirnya kerajaan Blambangan mampu memenangkan pertempuran tersebut. Akhirnya tempat ini menjadi cikal bakal terbentuknya Kabupaten Banyuwangi yang bertepatan dengan tanggal 18 Desember 1771.

Dengan adanya peperangan besar ini, korban jiwa juga sangat banyak yang berjatuhan yang menjadikan tempat ini semakin terasa mistis. Menurut penuturan warga, ada sosok seorang perempuan yang bernama Nyai Resek yang dipercayai merupakan enunggu rawa ini. Nyai Resek tidak hanya sendiri di tempat ini, dia ditemani oleh prajurit juga perempuan lain. Menurut cerita, dulu pernah ada seorang anak yang menjadi korban saat asik mandi di tempat ini.

Bagaimana menurut kamu? Menarik bukan untuk mengunjunginya, jika kamu benar-benar seorang pecinta wisata mistis sejati.

Komentar