10 Manfaat Minum Kopi Yang Harus Anda Tahu

suarabanyuwangi.com - Kopi termasuk salah satu minuman paling populer di dunia, salah satunya di Indonesia. Negara ini memiliki banyak varietas kopi yang tumbuh hampir di seluruh daerah di Indonesia. Hal ini menyebakan kopi seakan-akan tidak bisa terpisah dari budaya masyarakat di Indonesia. Untuk para penikmat kopi ‘veteran’. Jenis kopi yang banyak dicari adalah kopi hitam. Bagi beberapa orang, menikmati kopi hitam berarti menikmati cita rasa sejati dari kopi tersebut. Ternyata, kopi hitam juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 manfaat dari kopi hitam yang sayang bila kamu lewatkan:

1. Meningkatkan stamina

Kafein dapat membantu memecah lemak yang ada di tubuh dan membuatnya digunakan untuk tenaga. Sehingga, tidak ada salahnya minum kopi hitam satu setengah jam sebelum berolahraga.

2. Meningkatkan memori

Meminum kopi hitam di pagi hari, ternyata dapat meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam dapat membantu meningkatkan daya memori dengan cara menjaga otak tetap aktif. Saraf-saraf yang aktif akibat meminum kopi hitam, juga menurunkan resiko terkena penyakit demensia.

3. Membersihkan perut

Kopi memiliki sifat diuretic. Sifat ini membuat kamu seringkali ingin buang air kecil. Disaat inilah, racun-racun dan bakteri dalam tubuh akan keluar dalam bentuk urin. Ini membantu kamu membersihan perutmu dari berbagai macam bakteri.

3. Melindungi hati

Sebagai organ yang melakukan ratusan fungsi penting, kesehatan hati kamu tentunya patut dijaga. Pasalnya, banyak penyakit-penyakit mematikan yang menyerang fungsi hati seperti hepatitis. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari program perawatan medis Kaiser Pemanente menyatakan, orang yang minum empat cangkir atau lebih kopi hitam per hari memiliki risiko hingga 80 persen lebih rendah terkena penyakit hati.

4. Mengandung banyak mineral dan vitamin

Kopi tidak hanya mengandung kafein. Berbagai mineral dan vitamin, ternyata juga bisa kita dapatkan dari minuman ini. Dalam satu gelas kopi, juga terkandung vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, dan magnesium.

5. Membakar lemak di tubuh

Kafein disebut dapat membantu meningkatkan metabolisme di tubuh, termasuk dalam pembakaran lemak. Namun, manfaat minum kopi yang satu ini disebut akan kurang terlihat, pada orang yang sudah punya kebiasaan minum kopi sejak lama. 

6. Meningkatkan fungsi otak

Saat minum kopi, kafein yang kita minum akan masuk ke dalam darah, lalu berjalan ke otak. Di sana, kafein akan mengaktifkan saraf serta hormon-hormon yang bisa meningkatkan berbagai fungsi otak, seperti daya ingat, suasana hati, hingga fungsi mental secara umum.

7. Menambah energi

Kafein adalah stimulan yang bisa membuat tubuh terasa lebih segar dan lebih berenergi. Bahkan, kafein adalah bahan psikoaktif yang paling banyak digunakan di dunia.

8. Menurunkan risiko munculnya diabetes

Kopi hitam, disebutkan bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Manfaat ini bisa didapatkan oleh orang yang minum kopi sekitar empat gelas kecil perharinya.

9. Mencegah demensia dan penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit saraf yang paling banyak diderita di dunia, dan merupakan penyebab terbanyak demensia. Kedua penyakit ini tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah, salah satunya dengan kopi. Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dan rutin, dapat menurunkan risiko munculnya Alzheimer hingga lebih dari 50%.

10. Menekan risiko munculnya penyakit Parkinson

Minum kopi sebanyak empat gelas kecil per harinya, dapat menurunkan risiko munculnya penyakit Parkinson hingga lima kali lipat. Kafein yang ada di kopi juga mampu membantu penderita Parkinson dalam mengontrol pergerakan tubuh.

Ingat, kopi yang dimaksud di atas adalah kopi hitam tanpa tambahan seperti krim atau gula. Memang, tambahan kedua bahan tersebut tidak serta-merta menghilangkan manfaat kopi, tapi bagi sebagian orang meminum kopi original tanpa tambahan apapun akan lebih nikmat.

Jadi sudah ngopi hari ini? (MM)

Komentar